Memperkuat Sinyal Wi-Fi Di Laptop

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi ilmu saya dibidang IT kepada client-client saya. Saya akan share bagaimana Memperkuat Sinyal Wi-Fi Di laptop. Sebelum kita membahasnya, mari kita mencari tau pengertian wifi ? Wifi atau disebut juga dengan wireless merupakan jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai jalur komunikasi agar saling terhubung antar komputer maupun gadget.

Wifi biasa berada di tempat-tempat umum seperti perkantoran, sekolah, hotel, kampus dan tempat-tempat lainnya. Wifi lebih banyak digunakan orang karena wifi merupakan teknologi yang pada saat ini dianggap effisien yang mampu digunakan tanpa kabel. Dengan adanya wifi, anda tidak perlu lagi menggunakan kabel UTP untuk menghubungkan semua komputer yang ingin mengakses router agar tersambung ke Internet.

Penggunaan Wifi atau wireless terdapat kelemahannya, salah satunya sering terjadi sinyal yang lemah pada komputer atau laptop sehingga dapat memperlambat koneksi bahkan sama sekali tidak dapat tersambung ke Internet.

Dibawah ini ada beberapa cara singkat bagi anda yang mengalami masalah lemahnya sinyal wifi:

  • Buka jaringan wireless anda, dengan cara mengklik kanan pada icon wireless yang berada di taksbar, kemudian pilih Open Network and Sharing Center
  • Kemudian pilih Change Adapter Settings
  • Klik kanan pada Wireless Network Connection lalu pilih Properties
  • Selanjutnya pada tab Networking klik Configures
  • Kemudian pilih tab Advanced. Disini kita akan merubah beberapa nilainya
Roaming Aggressiveness : berfungsi meningkatkan besar roaming wireless untuk mengontrol kualitas koneksi PC anda ke access point. Jika nilai Aggressiveness PC anda semakin besar, maka akan semakin kuat untuk mencari sinyal ke Access Point (AP).

Thoroughout Enhancement : Anda perlu mengubah nilainya menjadi Enabled untuk membuat adapter anda bisa menggunakan mode packet burst yang dinamakan MWM (Wifi Multimedia Mode) yang sangat cocok di gunakan untuk men-download paket-paket multimedia.

Transmit Power : Anda hanya perlu mengubah nilainya menjadi Highest.


Mungkin itulah beberapa cara memperkuat sinyal wifi di laptop yang dapat anda buat. Jika anda kurang paham, kirimkan komentar anda pada kotak komentar yang disediakan !!


EmoticonEmoticon