Cara Mengatasi Request Time Out ( RTO ) Pada Telkom Speedy

Masalah Request Time Out (RTO) bisa di alami oleh sebagian pengguna layanan internet Telkom Speedy. RTO merupakan ketika komputer server tidak bisa merespon/menjawab permintaan koneks dari client setelah beberapa lama.
Penyebab Request Time Out (RTO) :
1. Unilisasi/pemakaian bandwith sudah penuh.
2. Kualitas akses jaringan (wireless) kurang bagus.
3. Website yang dituju memiliki delay tinggi, sehingga ping time out.
4. Koneksi ke IP tersebut putus.
5. Port di komputer tersebut ditutup.
6. Adanya Firewall.
7. Kabel rusak atau tidak terpasang.

RTO bisa terjadi ketika cuaca sedang buruk misalnya saat hujan deras yang memungkinkan Internet Speedy bisa down. Untuk mengatasi RTO yang terjadi pada modem ADSL bawaan Telkom Speedy tidak sulit, kita cukup melakukan sedikit konfigurasi pada modem tersebut.
Berikut langkah-langkah untuk mengatasi problem sering RTO pada modem ADSL Telkom Speedy :



  • Pastikan modem sudah terkoneksi jaringan, kemudian buka browser, ketikkan alamat ip 192.168.1.1. Lalu masukkan username dan password yaitu admin dan admin (kalau belum anda ganti).
  • Jika berhasil masuk, langkah selanjutnya pilih tab Interface Setup , lalu pilih LAN. Selanjutnya geser ke bawah sampai terdapat DNS Relay, pilih "Use User Discovered DNS Server Only"
  • Selanjutnya pada Primary DNS Server isikan 202.43.178.245 dan pada Secondary DNS Server isikan 202.46.1.2
  • Selanjutnya pilih tab Advanced Setup lalu pilih VLAN. Pada VLAN Function pilih "Deactivated".
  • Masih di Advanced Setup, lalu klik ADSL. Selanjutnya lakukan setting berikut :
          1. ADSL Mode => pilih "G.DMT"
          2. ADSL Type => pilih "ANNEX A"
          3. Bitswap Enable => Matikan (hapus tanda centang)
          4. SRA Enable => Matikan (hapus tanda centang)
          5. klik SAVE

  • Jika sudah, Kemudian pilih tab Access Management, lalu pilih UPnP. Pada bagian UPnP pilih "Deactivated" dan pada Auto-configured pilih "Deactivated", selnjutnya klik SAVE.
  • Langkah selanjutnya masuk ke tab Maintenance, lalu pilih SysRestart. Pada System Restart With centang "Current Settings" dan yang terakhir klik RESTART.
  • Selesai.
Kini koneksi modem Telkom Speedy tidak akan mengalami RTO atau putus-nyambung lagi. Apabila koneksi internet Speedy masih mengalami RTO biasanya modem ADSL sangat rentan terhadap perubahan daya tegangan listrik, yang perlu anda lakukan yaitu mengganti adaptor bawaan modem tersebut dengan membeli adaptor dengan tegangan 9V.

Sekian pada postingan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda !!


EmoticonEmoticon