Cara Mengamankan Data Rahasia 99% Dari Serangan Hacker

Apa itu Hacker ?

Hacker adalah seseorang yang berusaha mencari celah keamanan dari sebuah data yang dimasuki. Hacker mempunyai tujuan untuk mencuri data pengguna dengan cara menerobos akun milik anda. Kebanyakan para hacker melakukannya untuk bersenang-senang dan ada juga yang bertujuan untuk mencuri data yang sifatnya rahasia.

Hacker juga orang yang cerdik mencari celah dari suatu sistem keamanan. Jadi anda perlu berhati-hati saat terkoneksi dengan internet, karena para hacker kapan saja dapat memantau aktivitas anda. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu cara menghindari serangan hacker.

Jika anda ingin melindungi data rahasia secara maksimal, disini TKJno1 memberikan tips untuk mengamankan data anda dari serangan hacker.

 

1. Gunakan dan Update Antivirus

Hacker dapat menemukan celah dari suatu sistem keamanan dengan bantuan malware atau virus. Saat komputer terkena virus atau malware, maka celah security akan terbuka lebar sehingga hacker dapat dengan mudah mengakses semua data-data rahasia termasuk akun milik anda. Oleh sebab itulah sebaiknya anda menggunakan antivirus yang sudah teruji kualitasnya dan selalu rajin update antivirus ke versi terbaru.

2. Membuat Password yang Unik

Para hacker biasanya akan mencari cara untuk mendapatkan password milik anda. Biasanya password yang mudah ditebak oleh para hacker misalnya tanggal lahir, tanggal jadian, nama pacar, nama anak, tanggal pernikahan, nama yang berhubungan dengan suatu benda yang digunakan.

Untuk itulah anda harus membuat password yang unik dengan kombinasi huruf yang mudah diingat serta menggunakan huruf besar dan angka. Contoh : m3Ng4mAnk@n

Baca Juga : Melindungi Wireless Network Agar Tidak Mudah Di Retas


3. Waspada dengan Link Masuk ke akun Anda

Selain itu hacker biasanya mendapatkan password akun anda dengan cara memancing anda untuk mengklik link yang terkirim ke akun anda, atau biasa disebut dengan pishing. Cara ini biasanya terdapat pesan masuk dalam email anda berupa link yang akan ditujukan dengan halaman palsu milik hacker yang mirip sekali dengan tampilan halaman aslinya.

Jadi anda harus berhati-hati dengan kiriman orang yang menyuruh anda untuk mengklik link nya, karena bisa jadi itu adalah link pishing yang sengaja untuk mendapatkan password milik anda.


Sekian pada postingan kali ini mengenai "Mengamankan Data dari Hacker". Walaupun anda sudah semaksimal mungkin untuk mengamankan data rahasia anda, hal ini tidak terjamin 100% karena hacker sangat cerdik dan semua sistem tidak ada yang aman.


Baca Juga : Tehnik Mencegah Aksi Sniffing Pada Lalu Lintas Jaringan


EmoticonEmoticon