Bahaya Serangan Malware Bagi Komputer dan Jenis-Jenisnya

Selamat datang diblog TKJno1. Pada postingan kali ini, TKJno1 akan memberikan informasi kepada anda dalam dunia internet mengenai "Bahaya Malware Bagi Komputer". Malware atau singkatan dari Malicious dan Software adalah program yang di desain untuk mengganggu operasi komputer, mengumpulkan informasi-informasi sensitif, ataupun mengakses ke dalam sistem komputer tanpa izin.

Malware juga dapat berupa script atau kode. Istilah malware secara umum digunakan untuk menggambarkan program atau kode yang dimaksudkan untuk mengeksploitasi komputer atau data-data yang terdapat di dalamnya tanpa persetujuan. malware bisa disebarkan melalui lampiran di surel (pishing), instalasi software, atau menyerang server korban secara langsung.



Apa Bahaya Malware ?

Para penyusup atau peretas selalu berusaha mencari kelemahan dari sistem atau jaringan yang kita gunakan untuk kemudian menjadikan kita sebagai target kejahatan. Malware sejenis worm ini telah melumpuhkan sedikitnya 50 juta komputer yang terhubung dengan Internet di Amerika. Komputer yang diserang bukan hanya milik perusahaan-perusahaan besar saja, melainkan milik Pentagon dan CIA.

Kedengarannya memang mengerikan, bentuk bahayanya bermacam-macam, diantaranya:
  • Pencurian informasi seperti username dan password, nomor kartu kredit dan PIN. 
  • Pencurian dan Penyusupan data kontak seperti alamat email yang kemudian dipergunakan untuk menyebarkan virus lain atau konten-konten seperti pornografi dan konten sensitif lainnya.
  • Pencurian data seperti data pelanggan, data perbankan, dan lainnya.
  • Mengakses dan menghapus data atau file yang ada dikomputer anda.
  • Memperlambat sistem dengan cara "menumpang" jaringan internet yang anda gunakan.
  • Mempergunakan komputer dan jaringan sebagai "inang" untuk menyebarkan virus berbahaya ke komputer lain. 

Jenis-Jenis Malware

Adware 
Adware adalah software yang menyajikan iklan banner atau jendela pop-up melalui sebuah bar yang muncul di layar komputer. Tempat iklan tersebut biasanya tidak dapat dihapus dan sebagai konsekuensi selalu terlibat.

Bot-net
Botnet adalah koleksi software bots yang berjalan secara otomatis. Botnet server berbagai tujuan, termasuk Denial of Service (Dos) dan sebagainya. Potensi utama botnet adalah bahwa jaringan dapat mencapai ribuan dimensi pada komputer dan bandwidth ledakan jumlah akses internet paling konvensional.

Backdoor 
Backdoor dapat memperoleh akses ke komputer dengan pergi sekitar mekanisme keamanan akses komputer. Suatu program yang sedang dilaksanakan dilatar belakang umumnya memungkinkan penyerang hampir tidak terbatas. Data pribadi pengguna dapat memata-matai dengan bantuan backdoor, tetapi terutama digunakan untuk mengisntal lebih lanjut virus komputer atau worm di sistem yang relavan.

Exploit
Exploit (kerentanan) adalah sebuah program komputer yang mengambil keuntungan dari bug, glitch atau kerentanan yang mengarahkan ke eskalasi hak istimewa atau penolakan layanan pada sistem komputer. Bentuk eksploitasi misalnya serangan dari internet dengan bantuan paket data di manipulasi. Program dapat menyusup dalam rangka untuk mendapatkan akses yang lebih tinggi.

Baca Juga : Cara Mengamankan Data Rahasia Dari Serangan Hacker

Scareware
Scareware adalah perangkat lunak yang telah dirancang dengan maksud untuk menimbulkan kecemasan atau panik. Korban bisa ditipu dan merasa terancam dan biasanya menerima tawaran untuk membayar dan memiliki ancaman inexistent dihapus. Dalam beberapa kasus korban digoda untuk menyebabkan serangan sendiri dengan membuat berpikir intervensi ini akan berhasil menyingkirkan ancaman.

Keystroke Logging
Keystroke logging adalah sebuah alat diagnostik yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak yang menangkap pengguna keystrokes. Hal ini berguna untuk menentukan sumber kesalahan dalam sistem komputer untuk mengukur produktivitas karyawan pada tugas administrasi tertentu. Rahasia dan data pribadi, seperti password atau PIN, dapat memata-matai dan dikirim ke komputer lain melalui internet.

Baca Juga : Sistem Keamanan Wireless 
 

Trojan Horse
Trojan horse tidak dapat memperbanyak diri, yang differenciates mereka dari virus dan worm. Sebagian besar memiliki nama yang menarik seperti SEX.exe atau STARTME.exe dengan maksud untuk mendorong pengguna untuk memulai Troya. Biasanya metode ini dipakai dengan cara menyelipkan file lewat lampiran email. Jika Trojan horse berhasil memasuki sistem, maka dia dapat menginfeksikan sehingga orang yang mengirim trojan horse dapat mengakses secara keseluruhan sistem yang terinfeksi tersebut.

Spyware
Spyware adalah program mata-mata yang disebut mencegat atau mengambil sebagian kontrol operasi komputer tanpa persetujuan. Spyware dirancang exploit komputer yang terinfeksi untuk keuntungan komersial.


Sekian informasi pada postingan kali ini mengenai "Bahaya Malware Bagi Komputer dan Jenisnya", semoga dapat bermanfaat untuk anda agar lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitas di dunia Internet.

Baca Juga : Melindungi Wireless Network Agar Tidak Mudah Di Retas  


EmoticonEmoticon