Tutorial Reset dan Setting Modem Speedy TP-LINK

Mereset dan Mensetting modem Speedy memang sangat diperlukan agar kita dapat mengakses internet. Apabila anda belum mensetting modem Speedy, maka anda tidak dapat terhubung modem speedy. Kasus ini banyak orang yang belum mengetahuinya, Jadi intinya saya akan memberikan solusinya kepada anda. Langsung saja ke TKP :




MERESET :

Ada dua cara untuk mereset ke default / pengaturan awal pada modem ADSL ini :

Cara pertama : Hard reset / dengan menekan tombol RESET yang ada dibelakang modem tersebut.

Saat modem sedang dinyalakan, anda harus menekan dan menahan tombol reset pada panel belakang pin sekitar 5-10 detik, kemudian lepaskan tombol reset, tunggu perangkat me-rebot secara otomatis kepengaturan default.

Cara kedua : Mereset dengan Router web Base Utility
  1. Pastikan router dihidupkan sebelum di restart sepenuhnya.
  2. Tuliskan alamat ip 192.168.1.1 dan isikan username dan password login yaitu admin dan admin ( kalau belum anda ganti )
  3. Pastikan bahwa alamat ip PC anda dalam subnet yang sama dengan perangkat.
1. ADSL modem router (Broadcom Solution)
    pilih tab Management > pilih Restore Default > periksa Restore Default Setting dan tunggu router me-rebot sampai selesai.

2. ADSL modem router (seri TC)
    Pilih tab Maintenance > lalu pilih SysRestart > pada System Restart with, centang Factory Default Settings > klik RESTART dan tunggu sampai ke pengaturan default.




MENSETTING :

  • Buka browser anda bisa menggunakan Google, Mozilla, Opera dan lainnya. Ketikkan alamat ip 192.168.1.1 dan isikan username dan password yaitu admin dan admin ( kalau belum diganti )
  • Selanjutnya pilih tab Quick Start, kemudian klik RUN WIZARD
  • Pada bagian Time Zone, pilih zona waktu sesuai dengan wilayah anda, kemudian klik NEXT
  • Pada bagian ISP Connection Type, centang PPPoE/PPPoA, kemudian klik NEXT
  • Selanjutnya anda harus memasukkan nomor speedy anda dengan tambahan @telkom.net, contoh: 11221122332@telkom.net, kemudian masukkan password yang telah diberikan telkom speedy sejak awal, jika anda sudah mengubah passwordnya, masukkan password yang sudah anda ubah. Kemudian pada bagian VPI dan VCI harus sesuai dengan wilayah speedy anda.
  • Selanjutnya anda harus menyeting wifi, pada Acess Point centang Activated, lalu pada SSID isikan nama wifi sesuai keinginan anda, pada Broadcast SSID centang Yes. Kemudian pada Authentication Type merupakan jenis keamanan yang anda inginkan, disini saya memilih WPA-PSK. Dan dibawah nya terdapat Encryption pilih TKIP/AES, kemudian pada Pre-Shared Key isikan password wifi sesuai keinginan anda. Selanjutnya klik NEXT
  • Selesai. Jika berhasil, modem akan langsung terkoneksi internet.

Sekian pada postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Apabila anda kurang mengerti, kirimkan komentar anda pada kotak komentar yang disediakan !!


EmoticonEmoticon