Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja Microsoft .NET Framework

Selamat datang para setia blog TKJno1. Pada postingan kali ini, TKJno1 akan memberikan informasi kepada anda mengenai "Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja Microsoft .NET Framework".

Pengertian Mircosoft .Net Framework

Microsoft .NET Framework adalah sebuah perangkat lunak pada komputer (software komputer) yang digunakan untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi program dari berbagai macam bahasa pemrograman dan sekumpulan library agar dapat bekerja sama dalam menjalankan aplikasi berbasis windows.

Umunnya komputer hanya memiliki satu bahasa saja yaitu "assembly". Ketika anda mendeveloved sebuah aplikasi dengan bahasa .NET Framework pada komputer anda, maka komputer anda tidak akan memahami bahasa tersebut. Oleh sebab itu diperlukan sebuah software penerjemah agar komputer dapat memahami bahasa tersebut.





Fungsi .Net Framework

Secara teori, terdapat beberapa fungsi dari .NET Framework sebagai berikut :



  • Menyediakan lingkungan pemrograman berorientasi objek.
  • Menyediakan lingkungan untuk menjalankan suatu kode yang meminimalkan konflik saat software deployment disebarkan dan versioning / tentang versi.
  • Menjamin keamanan saat kode dijalankan, termasuk kode yang dibuat oleh pihak yang tidak diketahui atau pihak ketiga yang setengah dipercaya.
  • Menyediakan lingkungan untuk menjalankan suatu kode yang dapat mengeliminasi masalah performa dari lingkungan scripted dan interpreted.
  • Membuat pengembang memiliki pengalaman yang konsisten dalam berbagai tipe aplikasi berbasis windows dan aplikasi berbasis web.
Satu hal yang pasti .NET Framework berfungsi  sebagai penterjemah dan pengeksekusi sebuah perangkat lunak agar dapat berjalan pada sistem operasi windows.
Untuk mendapatkan .NET Framework, anda bisa mendownload langsung dari situs resminya https://www.microsoft.com/

Cara Kerja .Net Framework

Secara umum, cara kerja .NET Framework dapat anda lihat seperti gambar dibawah ini :


Pada sebuah sistem operasi dalam hal ini, windows biasanya sudah terdapat .NET Framework, namun belum tahu software tersebut aktif dan dapat digunakan. Untuk itu, dalam beberapa sistem operasi windows perlu di install / aktifkan secara manual.


EmoticonEmoticon