Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerja FTP

Pengertian FTP ?
FTP adalah singkatan dari file Transfer Protocol yang merupakan protocol internet yang berfungsi untuk pengiriman paket data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server.

FTP bisa di atur menjadi FTP Public sehingga semua orang dapat mengakses dan mengirimkan data ke server dengan mudah. FTP juga bisa di setting lebih privat artinya admin yang dapat membatasi user mengakses FTP server. FTP bekerja menggunakan salah satu protocol yang dapat melakukan sesi komunikasi sebelum pengiriman data berlangsung.



Manfaat FTP (File Transfer Protocol) :

  • FTP dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore data website dengan mudah.
  • Dengan FTP memungkinkan transfer data reliable dan efesien.
  • FTP user dapat melakukan pertukaraan file antar komputer dengan mudah dan aman.
  • FTP uset dapat melakukan indirect dan implicit remote computer.

Cara Kerja FTP (File Transfer Protocol) :
   
Prinsip kerja FTP menggunakan autentifikasi standart yang mana untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server diperlukan username dan password, sehingga user yang terdaftar pada sistem memiliki akses penuh pada beberapa direktori-direktori file-file yang ada di dalamnya sehingga pengguna yang terdaftar tersebut dapat membuat, menyalin, memindahkan atau bahkan menghapus direktori-direktori tersebut.


Perbedaan FTP Client dan FTP Server :

FTP Client merupakan komputer / perangkat yang meminta layanan tukar menukar data kepada FTP server. Setelah terkoneksi dengan FTP server, FTP client dapat melakukan proses download, upload dan lainnya sesuai dengan izin yang telah diberikan oleh FTP server sebelumnya.



FTP server merupakan server yang bertugas memberikan layanan pengiriman / tukar-menukar data kepada FTP client dengan syarat FTP client harus meminta (request) terlebih dahulu kepada FTP server.


Sekian pada postingan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jika anda kurang mengerti, anda bisa mengirimkan komentar pada kotak komentar yang disediakan !!


EmoticonEmoticon