Mensetting dan Memasang Jaringan Warnet

Selamat datang di blog TKJno1. Pada kali ini TKJno1 akan memberikan informasi kepada anda mengenai "Cara Mensetting dan Memasang Jaringan Warnet". Untuk membangun sebuah jaringan (warnet) yang minimalis, anda butuh seorang IT untuk melakukan pengaturan jaringan. Tetapi, anda tidak perlu repot-repot untuk memanggil tenaga kerja IT. Sebab, disini anda dapat langsung belajar melakukan settingan dan memasang jaringan (warnet). Sebelum ke topik pembahasan, mari kita cari tau terlebih dahulu pengertian Warnet ?

Warnet (Warung Internet) adalah salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh kelompok individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa internet oleh penggunanya. Biasanya pengguna yang main di warnet dikenakan tarif per-jam atau tergantung lama penggunaannya.



Pada saat ini warnet menjadi kebutuhan yang semakin naik, dari tadinya kebutuhan senggang menjadi kebutuhan yang dapat memberikan informasi dengan cepat. Nah, bagi anda yang ingin memulai usaha warnet, anda harus mempersiapkan kebutuhannya terlebih dahulu :

1. PC server
  • Hardware dengan spesifikasi minimal (MB kecepetan 3 Ghz (dual core), ram 1 Gb, dan hardisk 160 Gb)
  • Software (Windows xp sp2 atau Windows 7, firewall, Anti Spyware, Malware, Adware, Billing system).
2. PC client
  • Hardware dengan spesifikasi minimal (MB kecepatan 2.80, RAM 512 Mb, hardisk 40 Gb, VGA card)
  • Software (windows xp sp2 atau windows 7, browsing tools, game online, chatting tools, multimedia, billing system, office)
3. Hub / Switch / Router yang berfungsi menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dan untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet dalam merutekan tranmis.



4. Modem yang berfungsi menghubungkan sebuah jaringan (workstation) dengan jaringan internet / ISP yang dapat merubah sinyal digital ke sinyal suara atau sebaliknya.



Mensetting dan Memasang Jaringan (warnet)

  • Pertama, pasangkan kabel LAN dari modem ke Hub pada urutan 1, ini merupakan gateway yang biasanya mendapatkan IP default 192.168.1.1
  • Kedua, pasanglah kabel LAN dari Hub pada urutan no 2 >> ke server, biasanya hub sudah mengatur IP secara otomatis, tetapi lebih baik pada server kita setting seperti gambar di bawah ini :
  • Untuk seterusnya tinggal kabel ke komputer client. Untuk komputer client bisa anda mulai dengan IP 192.168.1.3 dengan gateway-nya tetap 192.168.1.1 karena itu IP dari modem nya.
  • Settingan pada Client sama seperti gambar di atas, tinggal merubah IP address nya saja. Hal ini agar tidak terjadi bentrok IP yang biasanya di tandai dengan tanda seru pada icon LAN.

INSTALASI BILLING

Billing warnet bisa anda download dari yang free seperti handycaffe dan ada yang berbayar seperti billing exploler, tetapi banyak crack yang tersedia.
Pada instalasi software ini, anda tinggal memilih untuk SERVER atau CLIENT dengan mengkonfigurasi ip server pada masing-masing komputer client untuk mensetting biaya billing, ini tergantung dengan keinginan anda menentukan tarif pada warnet anda.


Sekian pada postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jika anda kurang mengerti, kirimkan komentar anda pada kotak komentar yang sudah disediakan !!


EmoticonEmoticon